7 Permasalahan yang dialami anak dalam belajar



Yang namanya anak-anak, wajar jika sesekali mengalami kesulitan memperlajari hal-hal yang baru dalam hidupnya. Misalnya saja belajar baca tulis. Namun jika keluhan kesulitan belajar cenderung konsisten dan berlanjut hingga anak beranjak dewasa, kemungkinan ada kondisi medis tertentu yang mendasarinya.  Bentuk gangguan belajar pada anak diantaranya:

1.  Gangguan kemampuan membaca (disleksia)
mencakup kesulitan dalam kemampuan dasar membaca dan kesulitan untuk memahami hubungan antara suara, huruf dan kata sehingga kesulitan yntuk memahami gagasan kalimat atau suatu paragraf.

2.  Gangguan kemampuan berhitung (dyscalculia)
jenis gangguan belajar yang memengaruhi kemampuan seseorang dalam berbahasa, visual, mengurutkan, kemampuan memori otak dan pengorganisasian. Tanda yang paling umum dari gangguan ini adalah kesulitan perhitungan dasar dan membaca angka pada jam.

3. Gangguan kemampuan menulis (dysgraphia)
dapat disebabkan karena kesulitan secara fisik membentuk tulisan huruf dan angka, atau juga dapat berupa kesulitan dalam menuangkan pikiran dalam bentuk tulisan. Gangguan menulis ditandai dengan bentuk tulisan tangan yang tidak rapi, tulisan dan ejaan tidak konsisten, serta tidak ada kesinambungan antar kalimat dalam tulisan (bunyi kalimat tidak logis).

4. Gangguan kemampuan motorik (dyspraxia)
berupa gangguan koordinasi otak, mata dan otot anggota gerak untuk melakukan kegiatan yang membutuhkan komunikasi seperti berlari, melompat dan menggunting.

5. Gangguan kemampuan berbahasa (aphasia)
kesulitan untuk memahami bahasa yang diucapkan dan berkaitan dengan kemampuan menceritakan kembali apa yang telah diucapkan, serta kemampuan untuk memahami kata, kalimat, ataupun arahan.


6. Gangguan memproses informasi auditori visual
Gangguan ini terjadi karena otak yang kesulitan untuk memproses suatu informasi yang masuk diterima oleh telinga dan mata.
Gangguan pada proses auditori melibatkan kemampuan seseorang untuk membedakan suara atau lafal kata dengan suara lainnya.
Sedangkan gangguan proses visual melibatkan kemampuan  untuk membedakan bentuk, angka dan huruf, mendeteksi kedalaman dan jarak atau gangguan koordinasi mata dengan tangan.

7. ADHD (Attention-deficit hyperactivity disorder)
ADHD merupakan gangguan yang menurunkan kemampuan seseorang untuk tetap fokus dan memperhatikan sesuatu. ADHD juga dapat ditemukan pada seseorang sudah terlebih dulu mengalami gangguan belajar, sehingga memperburuk kondisinya.

Apa yang dapat ortu lakukan untuk membantu anak yang kesulitan belajar?

Kesulitan belajar pada dasarnya tidak dapat dihilangkan namun dengan bantuan mendalam guna memahami proses berpikir dan mempelajari hal baru, keterbatasan yang dihadapi dapat teratasi. Mengenali dan mengatasi gangguan belajar memerlukan langkah yang bertahap dan dukungan profesional dari psikolog anak atau terapis pendidikan anak.

SEMOGA BERMAFAAT

Posting Komentar

0 Komentar